komponen mep gedung

........

Jenis Kanal Gedung ( Pengairan )

Distribusi penjatahan kebutuhan air banyak ragamnya di dalam kehidupan manusia. Tidak terkecuali pemanfaatan dari pengadaan air bersih dan sebagainya di suatu bangunan ( Gedung bertingkat ). Air memiliki sifat yakni, mengalir ke tempat yang lebih rendah, tergantung arah yang dikehendaki asalkan lebih rendah ( sumber ).


Ruahnya air jika tidak dibatasi akan tumpah/menyebar, untuk menyiasati supaya hal ini tidak terjadi dibuat suatu penampang "kooperatif" yang dinamakan pipa. Untuk kata bendanya didalam terminologi sistem bangunan diberi istilah Plumbing ( Pemipaan ). Alur dan jumlah yang tidak sedikit dari penggunaan pipa yang mengakibatkan timbul istilah ini. Para tenant/pengguna sebagai konsumen akhir dari pendistribusian air ( Bersih / kotor ) kerap tidak pernah meletakkan di dalam aktifitasnya, bahwasanya pengadaan air dalam suatu bangunan sudah tidak berdasarkan lagi kepada sifat muasal dari air, mengalir ke tempat/area lebih rendah.

Sumber pengadaan awal dari air adalah di lantai dasar ( tanah ) biasanya disebut Bak Penampung awal ( Reservoir / Ground Tangki), pengadaannya dapat dari Air olahan ( Produksi ) atau dari alam ( Air tanah ). Pengiriman awal setelah ditampung, peran dari suatu peralatan Mekanikal Elektrikal & Plumbing mulai terlihat, kombinasi yang apik dari semua peralatan akan menghantar, seyogyanya penglihatan dari sistem pendistribusian air bersih di suatu bangunan serta peruntukan yang lain dari sistem pemipaan ( Plumbing ).

Antara titik bawah ( Ground ) dengan titik atas ( Roof ) terhubung nyata dengan proses pemipaan. Semakin tinggi suatu bangunan makin banyak kebutuhan pipa yang dibutuhkan, analoginya. Pompa Transfer adalah peralatan ME ke-1 dari proses sistem plumbing yang diciptakan, untuk mengantarkan ke atas bagian bangunan dan ditampung oleh Roof Tank ( Tangki Penampung ). Pengaliran ulang yang dilakukan, tidak menggunakan pipa yang sama sehingga pendorongan ke "stasiun" akhir ( fasiltas terpasang ) untuk penggunaan memakai peralatan ME ke-2, Pompa Booster. Disini, terjadi penyeimbangan yang jelas dari masing-masing fungsi tiap peralatan. Pertanyaannya? Apakah sistem ini dapat diandalkan terus? Apakah Pipanisasi yang tersambung aman? Apa sebabnya tekanan dorong pompa Transfer tidak berkurang? Berapa lama sistem dapat diandalkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar